Jumat, 16 November 2018

Manajemen Microsoft Word

Instruktur:
Jeffry Andhika Putra, S.T., M.M., M.Eng.

PRAKTIKUM 1

MANAJEMEN MICROSOFT WORD

Tujuan :
1.      Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan konsep tentang Microsoft Word.
2.      Mahasiswa diharapkan dapat memahami cara penggunaan Microsoft Word.

Materi :

Microsoft Word merupakan aplikasi software pengolah kata yang diproduksi oleh Microsoft Corporation serta sangat bermanfaat dalam aplikasi perkantoran.

LANGKAH KERJA

1.      Menjalankan Microsoft Word

a.  Membuat dokumen baru.

Klik tombol Start > pilih All Programs > pilih Microsoft Office > pilih Microsoft Office Word.

b.   Bila saat sedang bekerja, kemudian pengguna ingin membuka lembar kerja baru yang lain, maka bisa dilakukan dengan cara tekan tombol Ctrl + N.


c.    Menyimpan dan menutup lembar kerja.

Klik tombol Office (Office Button) → pilih Save As → klik Word Document → ketik nama file → klik Save → untuk menutup lembar kerja atau halaman pekerjaan, klik tombol X pada sudut kanan atas halaman atau lembar kerja.

Jika proses penyimpanan dilakukan ketika masih bekerja, untuk menyimpan kembali cukup ditekan tombol Ctrl+S.

d.      Pemberian nomor halaman.

Klik Insert → klik Page Number → pilih posisi nomor → tentukan posisi akhir nomor yang diinginkan.


e.      Mengganti kata.

Klik Replace pada Ribbon Home → pilih Replace pada kotak dialog Find and Replace → tulis teks yang akan diganti pada Find What → tulis teks pengganti pada Replace With → klik Replace. Bila teks pada seluruh lembar kerja ingin diganti, maka klik Replace All.

f.       Membuat Drop Cap.

Drop Cap sangat bermanfaat dalam membuat layout artikel majalah, koran, ataupun buku-buku bacaan lainnya. Caranya adalah pilih huruf yang akan dijadikan Drop Cap → klik tab Insert klik Drop Cap klik Drop Cap Options pilih Drop pada Position tentukan jenis huruf, jumlah baris serta jarak huruf yang di-drop dari teks kemudian → klik OK


g.      Membuat rumus.

Klik tab Insert → klik Equation, pilih New Equation → klik rumus yang akan dipilih → tuliskan rumus pada bidang penulisan rumus.

h.      Membuat Amplop

Siapkan lembar dokumen baru → klik tab Mailings → klik Envelopes → isi form yang tersedia → klik Preview → klik Envelope Options untuk melakukan pengaturan ukuran amplop → klik Printing Options untuk mengatur pencetakan amplop

i.      Membuat Grafik

Klik tab Insert → klik SmartArt → pilih kategori SmartArt (grafik) → tentukan jenis grafik yang dinginkan → klik OK → tuliskan teks pada tempat yang telah disediakan, setelah selesai klik tanda X.



Untuk File Praktikumnya dapat di download di Manajemen Microsoft Word Muhammad Khafid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan materi artikel dalam blog ini.
Terima kasih.