Jumat, 16 November 2018

Manajemen Microsoft Excel

Instruktur:

Jeffry Andhika Putra, S.T., M.M., M.Eng.

PRAKTIKUM 2

MANAJEMEN MICROSOFT EXCEL

Tujuan:
1.      Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan konsep tentang Microsoft Excel.
2.      Mahasiwa diharapkan dapat memahami cara penggunaan Microsoft Excel.

Materi:

Microsoft Excel merupakan aplikasi software pengolah data yang diproduksi oleh Microsoft Corporation serta sangat bermanfaat dalam aplikasi perkantoran.

LANGKAH KERJA:

1.      Menjalankan Microsoft Excel

a.  Memproteksi Worksheet.

Proteksi worksheet dilakukan untuk mencegah perubahan data yang tidak dikehendaki yang dilakukan oleh pihak tidak berwenang melakukan perubahan data. Caranya dengan klik kanan worksheet yang akan diproteksi klik Protect Sheet masukkan password tentukan item apa saja yang masih dapat dirubah (beri tanda centang) klik OK.

b. Pengaturan format angka.

Dalam pengaturan format angka, seperti: mengatur format penulisan (angka, mata uang, pecahan), lambang mata uang, pemberian lambing persen, koma, serta menampilkan angka nol di belakang koma, dilakukan dengan cara klik Group Number.


c.  Menggunakan Fungsi Matematika.

Klik Insert Function → pilih fungsi yang diinginkan → klik OK.


d. Menulis rumus dengan angka.

Untuk menuliskan rumus dengan angka, dilakukan dengan menuliskan angka serta operasi hitungnya dalam sel atau formula bar, lalu tekan Enter.

e.  Menulis rumus dengan cara menunjuk.

Menulis rumus dengan cara menunjuk merupakan cara menulis rumus yang paling cepat, aman, serta mudah. Penulisan dapat dilakukan antar lembar kerja atau workbook. Caranya adalah sebagai berikut:

a) Tentukan sel yang akan digunakan untuk menempatkan hasil.

b) Ketikkan tanda sama dengan pada sel yang akan digunakan untuk menempatkan hasil, kemudian tunjuk sel yang akan dijumlahkan dengan pointer, kemudian ketik tanda penjumlahan (+), ketik lagi sel yang akan dijumlah kemudian tekan Enter.

f.   Menggunakan Autosum.

Autosum merupakan fungsi yang terdapat dalam Microsoft Excel yang digunakan untuk melakukan proses perhitungan matematika. Menu-menu pilihan yang terdapat pada fasilitas autosum ini meliputi:

g. Menggunakan Fungsi Logika.

Pada prinsipnya fungsi logika digunakan untuk membandingkan dua atau lebih argument untuk menghasilkan nilai True atau False. Fungsi logika secara umum dapat dituliskan sebagai berikut

IF (logical_test;value_if_true;value_if_false)

Dimana:
Logical test merupakan nilai atau ekspresi untuk mengevaluasi benar atau salah.
Value_if_true, merupakan nilai yang dihasilkan jika hasil evaluasi benar.

Value_if_false, merupakan nilai yang dihasilkan jika hasil evaluasi salah.

Sebagai pembanding antar argumen, dapat diberikan operasi pembanding seperti tanda =, >, <, ≤, ≥, dan lain sebagainya. Untuk menuliskan fungsi logika, maka perlu diperhatikan penulisan tanda petik dobel (quotation mark) yang berbentuk (") dikarenakan kesalahan dalam menuliskan quotation mark berakibat fungsi logika tidak bisa dijalankan. Langkah-langkah menuliskan fungsi logika:

1)      Tentukan sel yang akan ditulis fungsi logika.

2)      Awali tanda sama dengan (=), kemudian tuliskan fungsi logika dengan pola: IF (logical_test;value_if_true;value_if_false).

3)      Gunakan tanda pembanding (>), (<), (=), (>=), serta (=<) untuk membandingkan alternatif argumen dalam logika.

4)      Gunakan tanda petik dobel (“) untuk memberikan keterangan argument dalam fungsi logika, dan tanda koma (,) ataupun titik koma (;) secara konsisten dalam penulisan fungsi logika.


Untuk akses file praktikumnya dapat didownload di Manajemen Microsoft Excel MuhammadKhafid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan materi artikel dalam blog ini.
Terima kasih.