Instruktur:
Jeffry
Andhika Putra, S.T., M.M., M.Eng.
PRAKTIKUM
2
MANAJEMEN
MICROSOFT EXCEL
Tujuan:
1. Mahasiswa
diharapkan dapat menjelaskan konsep tentang Microsoft Excel.
2. Mahasiwa
diharapkan dapat memahami cara penggunaan Microsoft Excel.
Materi:
Microsoft Excel merupakan aplikasi software
pengolah data yang diproduksi oleh Microsoft
Corporation serta sangat bermanfaat
dalam aplikasi perkantoran.
LANGKAH KERJA:
1.
Menjalankan
Microsoft Excel
a. Memproteksi
Worksheet.
Proteksi worksheet dilakukan
untuk mencegah perubahan data yang tidak dikehendaki yang dilakukan oleh pihak
tidak berwenang melakukan perubahan data. Caranya dengan klik kanan worksheet yang akan diproteksi →
klik Protect Sheet → masukkan password → tentukan item apa saja
yang masih dapat dirubah (beri tanda centang) → klik OK.
b.
Pengaturan format angka.
Dalam pengaturan format angka, seperti: mengatur format penulisan
(angka, mata uang, pecahan), lambang mata uang, pemberian lambing persen, koma,
serta menampilkan angka nol di belakang koma, dilakukan dengan cara klik Group
Number.
c. Menggunakan
Fungsi Matematika.
Klik Insert
Function → pilih fungsi yang diinginkan → klik OK.
d.
Menulis rumus dengan angka.
Untuk menuliskan rumus dengan angka, dilakukan dengan menuliskan angka
serta operasi hitungnya dalam sel atau formula bar, lalu tekan Enter.
e. Menulis
rumus dengan cara menunjuk.
Menulis rumus dengan cara menunjuk merupakan cara menulis rumus yang
paling cepat, aman, serta mudah. Penulisan dapat dilakukan antar lembar kerja
atau workbook. Caranya adalah sebagai
berikut:
a) Tentukan
sel yang akan digunakan untuk menempatkan hasil.
b) Ketikkan tanda sama dengan pada
sel yang akan digunakan untuk menempatkan hasil, kemudian tunjuk sel yang akan
dijumlahkan dengan pointer, kemudian ketik tanda penjumlahan (+), ketik lagi
sel yang akan dijumlah kemudian tekan Enter.
f. Menggunakan
Autosum.
Autosum merupakan fungsi yang terdapat dalam Microsoft Excel yang digunakan untuk melakukan
proses perhitungan matematika. Menu-menu pilihan yang terdapat pada fasilitas autosum ini meliputi:
g.
Menggunakan Fungsi Logika.
Pada prinsipnya fungsi logika digunakan untuk membandingkan dua atau
lebih argument untuk menghasilkan nilai True atau False. Fungsi logika
secara umum dapat dituliskan sebagai berikut
IF (logical_test;value_if_true;value_if_false)
Dimana:
✓Logical test merupakan nilai atau ekspresi untuk mengevaluasi benar atau salah.
✓Logical test merupakan nilai atau ekspresi untuk mengevaluasi benar atau salah.
✓Value_if_true, merupakan nilai
yang dihasilkan jika hasil evaluasi benar.
✓Value_if_false, merupakan nilai
yang dihasilkan jika hasil evaluasi salah.
Sebagai pembanding antar argumen, dapat diberikan operasi pembanding seperti tanda =, >, <, ≤, ≥, dan lain sebagainya. Untuk menuliskan fungsi logika, maka perlu diperhatikan penulisan tanda petik dobel (quotation mark) yang berbentuk (") dikarenakan kesalahan dalam menuliskan quotation mark berakibat fungsi logika tidak bisa dijalankan. Langkah-langkah menuliskan fungsi logika:
1) Tentukan
sel yang akan ditulis fungsi logika.
2)
Awali tanda sama dengan (=),
kemudian tuliskan fungsi logika dengan pola: IF (logical_test;value_if_true;value_if_false).
3)
Gunakan tanda pembanding (>),
(<), (=), (>=), serta (=<) untuk membandingkan alternatif argumen
dalam logika.
4)
Gunakan tanda petik dobel (“)
untuk memberikan keterangan argument dalam fungsi logika, dan tanda koma (,)
ataupun titik koma (;) secara konsisten dalam penulisan fungsi logika.
Untuk akses file praktikumnya dapat didownload di Manajemen Microsoft Excel MuhammadKhafid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan berkomentar sesuai dengan materi artikel dalam blog ini.
Terima kasih.